Sabtu, 12 September 2009

Shenzhen surga mobil tiruan di China

http://kucinx-got.co.cc

Kemampuan China dalam memproduksi barang memang luar biasa termasuk soal meniru juga barang hasil produksi negara lain. Di China ada kota Shenzhen yang terkenal sebagai surga barang tiruan di China. Tiru meniru ini rupanya menular juga ke industri mobilnya.

Lihat saja beberapa mobil hasil produksi China, berdasarkan catatan Reuters yang dikutip detikOto, Minggu (26/4/2009) sedikitnya ada 6 mobil produksi China yang mirip dengan mobil produsen mobil terkemuka di dunia. Setidaknya dari sisi desain.

'Peniruan' itu menular juga untuk mobil-mobil mewah. Coba lihat saja, mobil Geely GE yang mirip habis dengan Rolls-Royce Phantom.


Dari sisi grille, dan lambang mirip.


Kemudian mobil mewah lain yang konsepnya di-copy paste adalah mobil mewah Toyota Previa yang dijiplak oleh BYD Auto M6. Desain kedua mobil ini juga sama.


Ketiga adalah mobil imut Haima Me yang hampir sama dengan Mercedes-Benz Smart. Bedanya hanya terlihat dari headlamp dan lampu sinyal di belakang.


Kemudian korban selanjutnya ada Toyota Yaris yang mirip dengan Chery Riich M1.


'Peniruan' mobil juga dialami oleh Mazda M3 yang ditiru oleh Haima 3.


Terakhir mobil hasil produksi Lifan Motors 320 yang mirip dengan BMW Mini. Ke-12 mobil, mobil asli dan tiruannya ini tampil bersamaan dalam Auto Shanghai 2009.

Soal harga, pasti jauh lebih murah dong. Belum jelas apakah dari sisi mesin dan performa, mobil-mobil ini setara kualitasnya. Apakah ini upaya produsen China untuk menarik minat konsumen di tengah krisis? Kita belum tahu, yang pasti industri mobil China tidak bisa lepas dari soal copy paste ini.

sumber : detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isikan komentar anda...